Tips Mencari Kerja di Palembang

Beberapa tahun lalu, Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP) mengungkapkan deretan kota-kota di Indonesia yang memenuhi survei Indonesia Most Livable City. Dan hasilnya ada 7 nama kota besar yang berhasil memenuhi standar kenyamanan hidup penduduk Indonesia. Salah satunya ialah Kota Palembang yang terkenal dengan Sungai Musi dan pempeknya. Oleh karena itu, tak heran jika Palembang sering dijadikan destinasi akhir bagi para job seeker dari seluruh Indonesia untuk mencari Lowongan Palembang Terbaru. Bagi Anda yang termasuk, mari pelajari apa saja tips mencari kerja di Palembang yang akan dibahas secara tuntas pada artikel kali ini.

Siapa yang tidak kenal dengan kota Palembang? Selain dijuluki sebagai Kota Pempek dan Bumi Sriwijaya, Palembang juga menjadi kota metropolitan terbersih di Indonesia selama 8 tahun berturut-turut. Bukan hanya itu, mengenai perekonomian pun, Palembang dikenal cukup berkembang pesat setiap tahunnya. Bahkan, Palembang menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki LRT atau Light Rail Transit yang diperuntukkan untuk melengkapi kebutuhan ASIAN Games ke-18.

Sungai Musi juga sudah menjadi jantung perekonomian yang utama bagi kota Palembang. Bukan hanya pasar apung saja, ada banyak destinasi dan usaha pendukung seperti restoran dan perhotelan. Ada pula kilang minyak Pertamina dan Pabrik Pupuk Pusri.

Para Job Seeker bisa juga mencari pekerjaan di pusat perbelanjaan seperti mall, pasaraya, dan pusat komputer. Kemudian dari segi pendidikan, Palembang mempunyai banyak universitas mumpuni. Salah satunya adalah Universitas Sriwijaya yang mendapat ranking ke-15 terbaik di dunia oleh Webometrics. Anda pastinya tidak mau melewatkan potensi lapangan kerja dari segmen kampus bukan?

Berikut ini tips mencari kerja di Palembang dengan jelas dan terperinci:

1. Hitung Kebutuhan Anda
Jika Anda merantau, pastinya Anda akan mencari kota mana di Indonesia yang layak dikunjungi untuk mencari pekerjaan. Bila Anda kebetulan memilih Palembang, maka pilihan Anda tersebut tepat karena Palembang memiliki lapangan pekerjaan yang cukup banyak. Bukan hanya itu, dari segi Upah Minimum Regional saja, Palembang termasuk kota dengan penghasilan di atas rata-rata.

Namun, sebelumnya Anda perlu menghitung kebutuhan selama bekerja di Kota Pempek ini. jangan sampai biaya kebutuhan Anda setiap bulannya lebih besar dari penghasilan. Karena itulah, Anda perlu mengunjungi Palembang sebelum benar-benar pindah. Anda perlu mensurvei berapa saja biaya tempat tinggal, transportasi, makan, dan kebutuhan lainnya. Jadi, sebelum menego gaji, Anda siap dengan nominal yang ingin diajukan.

2. Mulai Mencari Perusahaan yang Tepat
Pastinya Anda ingin mendapatkan perusahaan terbaik sebab salah satu tujuan mencari kerja dari segi rantauan adalah untuk meningkatkan karir. Bukan hanya anak rantau saja, tapi penduduk asli Palembang pun ingin menginginkan instansi ataupun perusahaan yang dapat mengembangkan karirnya.

Namun sayangnya, tidak semua Job Palembang dapat memberikan jenjang karir yang bagus. Oleh karena itu, Anda harus mencari perusahaan yang sudah lama memiliki reputasi bagus, seperti BUMN, bank, dan sebagainya. Anda juga perlu mensurvei beberapa perusahaan sekaligus demi mendapatkan tempat bekerja yang tepat.

Satu hal lagi, sebaiknya Anda persiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi tes interview. Apabila seleksi interview dilakukan hanya lewat telepon, mungkin Anda masih bisa tersenyum jika gagal. Tapi, kalau Anda harus mendatangi perusahaan untuk menjalani interview, pastinya Anda tidak ingin gagal karena telah berkorban waktu, biaya, dan tenaga.

3. Lamar Pekerjaan yang Cocok untuk Keahlian dan Pengalaman
Karena banyaknya jenis dan tempat bekerja di Palembang, Anda perlu cerdas menyeleksi perusahaan apa yang cocok untuk keahlian dan pengalaman Anda. Pastinya Anda tidak ingin membuang waktu berharga dengan melamar pekerjaan yang mana, Anda tidak mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Apabila Anda sampai salah memilih tempat kerja, apalagi ditambah faktor tekanan dan lingkungan kerja yang tidak menyenangkan, maka Anda sendiri yang tak nyaman dan lama-kelamaan, Anda memilih tuk resign di tempat tersebut.

4. Membangun Hubungan dengan Sesama
Jika Anda datang dari luar kota ke Palembang, maka satu hal yang penting adalah membangun hubungan dengan orang baru dikota pempek ini. Bahkan, hal ini wajib dilakukan, terlebih lagi jika Anda tidak mempunyai kerabat atau rekan sama sekali di Palembang.

Namun, kalau Anda memiliki kenalan, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja yang tepat dari kenalan. Tapi, ada baiknya Anda melakukan basa-basi terlebih dahulu dengan kenalan tersebut sebelum menanyakan langsung mengenai informasi lowongan pekerjaan.

Memang pekerjaan baru pasti membutuhkan banyak adaptasi. Apalagi jika pekerjaan baru Anda berada di kota yang baru pula. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin untuk beradaptasi dengan berbagai lingkungan yang akan Anda hadapi. Ketika interview, tunjukkan pula jika Anda orang yang fleksibel dan mudah beradaptasi, sehingga perusahaan baru semakin yakin untuk memperkerjakan Anda.

5. Meningkatan Kualitas Berkas Lamaran
Melamar kerja di instansi yang kompeten membutuhkan usaha lebih agar bisa sukses. Salah satunya, Anda dapat meningkatkan kualitas berkas lamaran dengan menggunakan jenis kata dan gaya yang profesional saat menulis dokumen resume. Apabila Anda memiliki daftar pengalaman, maka Anda bisa berpikir kreatif untuk mengembangkan kata-kata dalam isinya sehingga perusahaan merasa Anda cukup profesional.

Selain itu, Anda juga menulis surat lamaran kerja yang profesional. Sebisa mungkin gunakanlah bahasa formal dan baku, begitu pula dengan formatnya saat Anda membuat surat lamaran kerja. Setelahnya, Anda bisa menyunting kembali surat lamaran kerja dan resume untuk menemukan kesalahan atau bagian yang sudah kadaluarsa.

6. Kenali Kehidupan di Palembang
Saat Anda sudah menginjakkan kaki di Palembang untuk beberapa tahun ke depan, itu berarti Anda juga harus beradaptasi dengan kondisi sana. Anda harus kenal hidup di Palembang bagaimana, namun jangan terlalu memaksakan diri dan tetaplah menjadi diri sendiri.

Selain itu, Anda tidak bisa memprediksi cuaca ataupun membayangkan kapan terjadi kemacetan di Kota Pempek ini. oleh karena itu, Anda harus menjadi pribadi yang terus bergerak dan pandai membaca situasi. Jangan sampai Anda terbawa situasi karena kelengahan sendiri. Apabila sudah tahu sekitaran jam 7 hingga 8 pagi pasti macet, maka Anda bisa berangkat kerja sebelum jam 7.

7. Nikmati Proses dan Berdoa
Pencarian kerja memang sangat melelahkan. Namun nikmati saja setiap prosesnya. Di masa depan, mungkin Anda akan berterima kasih kepada segala rintangan karena berhasil menjadikan Anda sebagai pekerja yang lebih baik dan berwawasan berkat belajar dari pengalaman.

Kemudian, jangan sampai menolak pekerjaan secara personal. Apabila niat Anda tulus, pasti akan ada jalan keluarnya. Tak bisa dipungkiri, mencoba sesuatu yang diluar zona nyaman juga dapat menjadi pintu kesuksesan. Terakhir, jangan takut gagal untuk mencoba sesuatu yang baru, sekalipun itu keluar dari zona nyaman Anda.

Tips-tips di atas memang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk mencari kerja di Palembang. Dengan begitu, Anda sudah cukup siap untuk menghadapi segala sesuatu yang akan terjadi di masa mendatang.